Yuk, Kreasikan Dirimu dengan Mawar dari Kain Flanel!

Yuk, Kreasikan Dirimu dengan Mawar dari Kain Flanel!

Feren Yinata
Thursday, 23 July 2020, 05:44:20 93 0

Halo Teens! Kita semua pasti sudah familiar dengan kain flanel kan? Kain flanel merupakan jenis kain yang dibuat dari serat wol tanpa ditenun. Dibuat dengan proses pemanasan dan penguapan sehingga menghasilkan kain dengan beragam tekstur dan jenis (tergantung bahan pembuatnya).

Kain ini mudah kita jumpai di toko yang menjual alat tulis dengan harga yang sangat terjangkau. Kain flanel memiliki ketebalan dan tekstur yang beragam. Kelebihannya adalah mudah dibentuk dan pada proses penjahitan tidak perlu dilipat seperti jenis kain yang lain.

Secara umum terdapat 2 tipe kain flanel yaitu polos dan bercorak. Kain flanel yang polos hanya memiliki satu warna di seluruh bagiannya, sementara kain flanel yang bercorak memiliki serat-serat dalam warna yang berbeda. Biasanya kain yang memiliki corak dihargai relatif lebih mahal. Ada pula kain flanel dengan jenis zephyr yaitu kain flanel dengan corak biasa, tetapi dicampuri bahan sutera di dalam bahan pembuat benang-benangnya. Kain flanel sering digunakan untuk membuat kerajinan tangan sebagai dekorasi ruang, salah satunya adalah bunga.

Kali ini kita akan membuat bunga mawar kuning! Caranya sangat mudah karena tidak perlu menggunakan jahitan. Tapi sebelum itu, apa kalian tahu arti mawar kuning? Bunga mawar adalah salah satu bunga yang tergolong dalam kategori bunga yang sangat cantik.

Jika kalian melihat bunganya yang indah dengan kelopak bunga yang bertumpuk serta mekar perlahan dengan cantiknya, pasti siapapun akan terpesona. Ditambah lagi dengan jenis warna bunga mawar yang bervariasi dan juga cerah. Bunga mawar sering dianggap sebagai simbol cinta dan kasih sayang. Sedangkan, warna kuning erat kaitannya dengan matahari, sehingga warna ini dianggap paling tepat untuk menyemangati seseorang. Kuning sering dilambangkan sebagai warna yang riang dan ceria yang cocok untuk simbol persahabatan.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa mawar kuning merupakan tanda persahabatan yang universal. Selain itu juga, bunga mawar kuning bisa diartikan sebagai simbol pencapaian pucak kesuksesan atau prestasi seseorang dalam hidupnya lho..

Karena mawar kuning memiliki makna yang mendalam, seperti kepedulian, kehangatan serta perasaan yang tulus ikhlas terhadap seseorang. Itulah mengapa banyak orang yang memberikan buket bunga mawar kuning sebagai persembahan kepada sahabat atas kelulusannya atau saat sudah mencapai target dalam pekerjaannya. Kalian juga bisa memberikan kado buket bunga mawar warna kuning sebagai ucapan selamat kepada teman atau saudara yang baru saja mendapatkan momongan. Hal ini dikarenakan warna kuning juga melambangkan awal kehidupan yang baru, sama seperti lahirnya jiwa baru dalam sebuah keluarga.

Meskipun bunga mawar kuning sekarang menjadi sebuah simbol kasih sayang, persahabatan dan juga pencapaian akan suatu prestasi, namun tahukah kalian bahwa pada jaman dahulu kala, di era Victoria, bunga mawar yang berwarna kuning sering dikaitkan dengan perselingkuhan dan iri hati. Itulah mengapa pada jaman dahulu bunga mawar kuning sangat jarang digunakan sebagai kado pemberian kepada orang yang disayang. Nah, menarik sekali kan penjelasan serta sejarah tentang bunga mawar kuning.. Sekarang saatnya membuat DIY bunga mawar dari kain flanel. Penasaran seperti apa hasilnya? Yuk, simak cara pembuatannya dibawah ini!

Alat dan Bahan :

1.      Kain flanel polos berwarna kuning ukuran 25 cm x 25 cm

2.      Kain flanel polos berwarna hijau ukuran 25 cm x 25 cm

3.      Kawat 20 cm

4.      Benang wol coklat

5.      Lem cair atau lem tembak

6.      Gunting

Cara Membuat Bunga :

Langkah pertama, potong kain flanel kuning sebanyak 9 buah berukuran 5 cm x 5 cm.

Langkah kedua, gunting kedua sudut kain membentuk lengkungan. Lakukan pada semua potongan kain.

Langkah ketiga, tekuk dan lem bagian yang lengkung. Lakukan sebanyak 4 buah.

Langkah keempat, gulung menyerupai kuncup bunga sebanyak 1 buah.

Langkah kelima, sisakan 4 buah lainnya dengan bentuk yang sama seperti semula.

Langkah keenam, rangkailah bunga dengan menempelkan kelopak mengelilingi kuncup.

Langkah ketujuh, lilit benang wol hingga menutupi seluruh permukaan kawat.

Langkah kedelapan, tancapkan kawat ke bagian bawah bunga yang sudah dirangkai.

Cara Membuat Daun :

Langkah pertama, potong kain flanel hijau ukuran 6,5 cm x 6,5 cm sebanyak 1 buah.

Langkah kedua, lakukan hal yang sama dengan ukuran 4 cm x 4 cm sebanyak 2 buah.

Langkah ketiga, ambil kain berukuran 6,5 cm x 6,5 cm dan gunting keempat sisinya sepanjang 1 cm.

Langkah keempat, gunting semua sudutnya membentuk lengkungan.

Langkah kelima, ambil kain berukuran 4 cm x 4 cm dan lakukan hal yang sama seperti langkah nomor 4.

Langkah keenam, gunting semua potongan kain menyerupai bentuk daun.

Langkah ketujuh, tempelkan daun ke tangkai yang sudah dirangkai bersama bunga.

Nah, itu dia langkah-langkah membuat bunga mawar dari kain flanel. Sangat cocok untuk kalian jadikan sebagai hadiah untuk sahabat atau hanya sekedar menjadi dekorasi ruang. Mudah bukan? Bunga mawar dari kain flanel ini dapat dikreasikan dengan warna lain kesukaan kalian lho.. Selamat mencoba ya Teens!

Last Editor : Tubagus Guritno
Komentar
-TERPOPULER-