Tetra Pak Indonesia Raih Penghargaan Top Green and Community Care Companies in Asia Pada Ajang ACES 2019

Tetra Pak Indonesia Raih Penghargaan Top Green and Community Care Companies in Asia Pada Ajang ACES 2019

Teeno
Wednesday, 25 September 2019, 09:22:09 803 0

Tetra Pak Indonesia, perusahaan pemrosesan dan pengemasan makanan terkemuka, dianugerahi penghargaan “Top Green & Community Care Companies in Asia” pada ajang bergengsi Asia Corporate Excellence & Sustainability Awards (ACES) 2019.

Ajang internasional ini tersebut merupakan suatu bentuk apresiasi terhadap perusahaan dan individu di Asia yang dinilai berhasil dalam dua ranah utama: kepemimpinan dan keberlanjutan (sustainability). Selain itu, ajang tersebut juga suatu bentuk penghargaan dan pengakuan terhadap layanan dan pencapaian perusahaan, – baik besar maupun kecil, nasional maupun internasional – atas kontribusi mereka bagi masyarakat dan dunia.

Penghargaan yang diterima Tetra Pak Indonesia berkat komitmen nyata dalam menggunakan bahan sumber daya terbarukan yang tersertifikasi FSC® (Forest Stewardship Council®) dan inisiatif perusahaan di bidang tanggung jawab lingkungan dan kepedulian terhadap masyarakat. Di Indonesia, Tetra Pak telah bekerjasama dengan Balai Besar Pulp dan Kertas (BBPK) sejak tahun 2005 untuk mengembangkan infrastruktur pengumpulan kemasan karton bekas minum. Insiatif keberlanjutan daur ulang karton bekas minuman menjadi atap lembaran juga telah diterapkan oleh Tetra Pak Indonesia, yang pada tahun 2016 berhasil membangun infrastruktur daur ulang polymer aluminum (polyal) dengan kapasitas 7.000 atap lembaran per bulan.

Pada 2018, Tetra Pak Indonesia bersama mitra pendaur telah mendaur ulang lebih dari 10.388 ton kemasan karton bekas minuman, dan mencapai tingkat daur ulang sebesar 21,2%. Pada 2019, perusahaan berhasil menambah mitra pengumpul baru dan total telah ada 5 mitra pengumpul yang bertanggung jawab untuk wilayah Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jabodetabek. Tetra Pak Indonesia mencanangkan target daur ulang lebih dari 13.000-ton karton bekas minuman serta tingkat daur ulang sebesar 24% pada 2020.

Bahkan Tetra Pak Indonesia juga telah bekerja sama dengan para pelanggannya dan dukungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, secara bersama-sama mewujudkan produk hasil daur ulang yang berdaya guna dan berkualitas, dalam bentuk pembangunan Rumah Baca (menggunakan bahan hasil daur ulang kemasan karton bekas minum) di 2 Sekolah Dasar di wilayah Cirebon dan Kemayoran – Jakarta Pusat.

Untuk melanjutkan aspek keberlanjutan perusahaan kepada masyarakat, Tetra Pak Indonesia juga mengajak para konsumen di Indonesia mempraktikkan kesadaran gerakan 3L (Lipat, Letak, dan Lepas) untuk pemilahan kemasan karton bekas minuman sejak dari sumber. Gerakan tersebut terdiri dari Buka Lipatan atas dan bawah, Letakkan Sedotan ke dalam kemasan dan meratakannya, serta Lepaskan Kemasan di tempat sampah terpilah yang disediakan.

“Kehormatan besar bagi kami dapat menerima penghargaan ini,” tutur Terrynz Tan, Terrynz Tan, Circular Economy Manager Tetra Pak-ASEAN. “Inti pendekatan Tetra Pak terhadap aspek keberlanjutan adalah menyadari bahwa masa depan bergantung pada kemampuan kita dalam menyediakan produk yang aman, berkualitas dan berkelanjutan, serta komitmen tanggung jawab sosial perusahaan. Penghargaan ACES ini sebagai salah satu pengakuan bahwa perusahaan kami telah mampu melaksanakan komitmennya. Tim kami merasa sangat bangga dan senang dianugerahi penghargaan ini.”

Penghargaan ACES, sebuah inisiatif dari MORS Group, dikelola oleh dewan direktur dengan beragam latar belakang yang memfasilitasi dan berperan penting dalam mempromosikan pertumbuhan berkelanjutan Asia. “Dengan banyaknya produk yang bersaing menarik perhatian konsumen, tentunya akan semakin sulit bagi sebuah produk untuk bisa menonjol. Untuk mengembangkan sebuah kombinasi yang unik dan unggul dari pemosisian produk, kemasan dan pemasaran, produsen perlu beradaptasi dengan lanskap ritel yang terus mengalami perubahan serta mampu menarik konsumen zaman sekarang. Kesuksesan Tetra Pak dalam melakukan hal tersebut menambah manfaat ekonomi, lingkungan, dan sosial dalam produk yang mereka tawarkan, sehingga menjadikan mereka perusahaan yang peduli terhadap masyarakat dan penggiat inisiatif lingkungan yang terkemuka,” ujar Shanggari Balakrishnan, Chief Executive MORS Group.

Penghargaan tersebut diberikan dalam Grand Gala Dinner pada hari ini, 20 September 2019 di The Athenee Hotel, Bangkok, Thailand.

 

Last Editor : Tubagus Guritno
Komentar
-TERPOPULER-