Cemburu Berlebihan Pada Pacar? Plis Deh, Enggak Banget loh!

Cemburu Berlebihan Pada Pacar? Plis Deh, Enggak Banget loh!

Teena
Tuesday, 27 August 2019, 17:15:15 705 0

Katanya, cemburu adalah tanda cinta. Ehm, mungkin benar. Tapi kalau rasa cemburu kamu  berlebihan alias cemburu buta, hati-hati loh! Bukannya merasa dicintai, pacar kamu justru bisa merasa tertekan dan terburuknya bisa berpaling ke orang lain. Kamu enggak mau hal ini terjadi sama kamu, kan?

Lalu, gimana dong cara mengatasi rasa cemburu yang berlebihan ini dan menyelamatkan hubunganmu?

Psikoterapis sekaligus pendiri klinik layanan terapi pernikahan dan keluarga, Spiral2Grow di New York, Moshe Ratson mengatakan kalau cemburu itu, perasaan alami yang dimiliki manusia.

Lebih lanjut, Moshe menerangkan kalau  kecemburuan cowok dan cewek  umumnya dilatari alasan yang berbeda.

“Cowok biasanya punya ketakutan pasangannya akan melakukan perselingkuhan secara seksual, karena cowok jelas, di hari mendatang, menginginkan anak yang dilahirkan pasangannya, benar-benar keturunannya. Sementara cewek, suka dihantui oleh  ketidaksetiaan emosional pasangannya. karena mereka memedulikan kelangsungan hidup dirinya dan anak-anak, serta butuhnya sosok yang melindungi.”

Psikolog klinis sekaligus dosen dan peneliti dari Harvard Medical School, AS, Craig Malkin, PhD  menguatkan pernyataan Moshe, bahwa perasaan cemburu yang dirasakan manusia memang wajar adanya. Tetapi hati-hati, perilaku cemburu bisa mengarah pada  sikap ‘memiliki’ yang berlebihan.

Contohnya, mengecek percakapan pasangan di telepon genggamnya, mengecek daftar surel-nya hingga memeriksa riwayat penelurusan di browser. Duh, duh!

“Cemburu buta malah akan mengikis kepercayaan dan kedekatan emosional pasangan terhadap Anda. Bahkan sikap cemburu akan mendorong si dia untuk menyimpan rahasia dari Anda. Kemudian ketika Anda memberondong sang pasangan dengan pertanyaan bernada interogasi maka ia justru menjadi malas  berbicara. Tentu itu malah merugikan kamu,” tukas Craig. 

Dapat dipastikan, cowok enggak nyaman dengan sikap cemburuan. Plis gals, memang kamu enggak ada kerjaan lain? Caranya supaya enggak cemburu berlebihan, kamu bisa membuat dirimu aktif dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat.

Ikuti ekskul di sekolah, les hal-hal yang kamu sukai, misalnya les piano, les menari, apapun yang kamu sukai. Sibukkan diri juga dengan bersosialisasi, perluas pergaulanmu.

Ketika cowokmu tahu, kamu punya banyak kegiatan, independen, Dia malah akan kagum kepadamu. Ketimbang melihat kamu yang dikit-dikit curigaan, dikit-dikit cemburu.

Last Editor : Vallesca
Komentar
-TERPOPULER-