Pemerintah Singapura Menghapus Ujian Sekolah

Pemerintah Singapura Menghapus Ujian Sekolah

tiara susma
Wednesday, 31 October 2018, 10:00:56 2121 0

Setiap murid sekolah akan selalu dihadapkan dengan Ujian Sekolah di akhir semester untuk menentukan hasil belajar mereka dalam satu semester. Selain itu, ada juga Ujian Nasional yang masih menjadi ujian penentu kelulusan para murid.

Baru-baru ini kabar mengejutkan datang dari Singapura. Pasalnya negara ini memutuskan untuk menghapus ujian sekolah secara bertahap. Ujian sekolah di Singapura akan dihapus untuk siswa tahun pertama dan tahun kedua mulai 2019 mendatang.

Seperti dilansir World Economic Forum, sekolah-sekolah di Singapura akan mengganti ujian sekolah dengan tugas-tugas sekolah seperti PR dan kuis. Tak hanya itu saja, penilaian guru pun juga akan dirubah. Jika sebelumnya guru-guru sering menilai dalam bentuk desimal, maka sekarang penilaian akan dibulatkan.

Langkah ini ternyata dimaksudkan untuk mengurangi suasana kompetitif di sekolah-sekolah. Ong Ye Kung selaku Menteri Pendidikan Singapura mengungkapkan bahwa belajar bukanlah sebuah kompetisi. 

Singapura akan mencoba membuat proses belajar mengajar dimana sistemnya diarahkan untuk mengembangkan bakat dan minat siswa. Hal ini berguna untuk menghindari para siswa terlalu fokus dalam mengejar peringkat di kelas.

Last Editor : Tubagus Guritno
Komentar
-TERPOPULER-