Pssst, Ini Lho Manfaat Jadi Kutu Buku!

Pssst, Ini Lho Manfaat Jadi Kutu Buku!

ourban id
Wednesday, 17 May 2017, 07:42:09 877 0 0

Membaca buku merupakan hobi yang sangat menyenangkan bagi sebagian orang. Tak hanya untuk menghabiskan waktu luang, membaca buku juga mampu menambah pengetahuan baru bagi kita.

Namun, di samping kedua hal tersebut, sangat banyak manfaat yang bisa didapatkan hanya dengan membaca buku. Apa saja?

Menambah pengetahuan

Seperti kata pepatah, buku adalah jendela dunia. Melalui buku, kamu bisa mendapatkan beragam pengetahuan baru, informasi yang belum kamu ketahui sebelumnya, bahkan sesuatu yang mungkin tak bisa kamu lihat secara langsung selama hidupmu.

Menstimulasi mental

Kesehatan mental sangatlah penting untuk dijaga. Membaca akan membantu menstimulasi mental dan menjauhkannya dari gangguan. Bahkan, beberapa penelitian menyebutkan, membaca dapat menurunkan risiko Demensia dan Alzheimer.

Mengatasi stres

Stres tak hanya akan memberikan mood swing yang parah, tapi juga dapat menganggu aktivitas harian. Untuk itu, cobalah redakan stres dan tenangkan diri dengan membaca buku. Buku dengan tema komedi, merupakan cara ampuh pengusir stres.

Meningkatkan empati

Kebiasaan membaca novel atau cerita akan membuatmu lebih mudah memahami orang lain. Saat mendalami sebuah kisah, otak secara tak langsung akan belajar bagaimana cara memahami perasaan orang lain. Ini akan membantumu lebih mudah berhubungan dengan orang lain, bahkan baru kenal sekalipun.

Meningkatkan memori

Saat membaca, terutama novel atau cerita, otak akan bekerja untuk mengingat karakter atau tokoh di dalamnya. Hal ini, bukan hanya mempermudah mendalami cerita, tapi juga menjadi latihan yang baik untuk meningkatkan memori otak.

Baca: #YUKNULIS: Kekuatan Berbahasa Baik Lisan Maupun Tulisan

Meningkatkan fokus dan konsentrasi

Membaca sebuah buku akan menyedot sepenuhnya konsentrasi dan fokusmu pada cerita. Hal ini, akan membantumu lebih mudah fokus dan konsentrasi pada suatu hal tanpa terganggu dengan hal-hal lain. Biasakan membaca 15-20 menit sebelum bekerja untuk meningkatkan fokus terhadap pekerjaan.

Mengatasi insomnia

Saat ini, insomnia bisa dibilang menyerang hampir seluruh orang di usia produktif. Untuk mengatasinya, coba biasakan diri membaca buku sebelum tidur. Membaca akan membuatmu lebih rileks, sehingga tubuh pun akan lebih mudah terlelap.

Meningkatkan kemampuan menulis

Banyak membaca bukan hanya mengenalkanmu pada pengetahuan baru, tapi juga bahasa dan istilah baru yang mungkin asing bagimu sebelumnya. Hal ini, dapat meningkatkan kemampuan menulis. Bukan hanya bagaimana menulis dengan gaya bahasa yang baik, tapi juga mempermudah orang lain memahami isi tulisan kamu.

Meningkatkan kemampuan analitik

Beberapa buku memiliki tema yang berhubungan dengan misteri dan memerlukan sebuah pemecahan. Membaca buku bertema misteri, akan membantumu meningkatkan kemampuan berpikir secara analitis dan detail. Secara tak langsung, kemampuan berpikir secara logis dan analitis akan terasah saat membaca buku bertema misteri.

Sangat banyak kan manfaat yang bisa diperoleh hanya dengan membaca buku? Jadi, masih ragu untuk membiasakan hobi menyenangkan ini?

Komentar
Signin/Signup

Selamat Datang di teen.co.id

Jika tidak dapat login/signup akun, silahkan kontak kami
Twitter: @teencoid, Facebook: TeenIndonesia, Email: teen@teen.co.id

Term & Condition