Kamar Indah, Buat Belajarmu Nyaman!

Kamar Indah, Buat Belajarmu Nyaman!

Reza Amelia Putri
Wednesday, 16 September 2020, 12:00:06 58 0

Bagi kalian yang saat ini masih berstatus sebagai seorang  pelajar atau mahasiswa, tentunya tidak luput dari kegiatan sehari-hari yaitu belajar, bukan? Apalagi di masa pandemi seperti ekarang, semua kegiatan dilakukan di rumah termasuk sekolah atau kuliah.

Sebagian besar orang menganggap bahwa kegiatan belajar adalah kegiatan yang kurang menarik dan membosankan. Namun, mau bagaimanapun kamu harus tetap melakukannya karena itu adalah kewajibanmu dan juga hal yang penting demi masa depanmu.

Tetapi, pernahkah kamu berfikir apa yang membuat kamu selalu bosan dengan kegiatan belajar? Entah itu belajar seorang diri maupun berkelompok seperti kegiatan belajar di dalam kelas dan belajar kelompok. Di dapat dari berbagai sumber hampir semua mengatakan bahwa faktor utama yang mempengaruhi seorang pelajar mudah bosan dalam kegiatan belajar adalah suasana tempat belajar yang juga membosankan. Jika suasana ruang belajar mengasyikkan maka semangat dalam belajar juga akan semakin tinggi, namun sebaliknya, jika suasana ruang belajar krang menyenangkan hal yang sama akan terjadi pada semangatmu.

Jadi, apa yang harus dilakukan agar semangat belajar semakin meningkat? Khusus buat kamu yang sedang tinggal dikost ataupun memiliki kamar pribadi dirumah, kamu bisa melakukan langkah awal dengan mendekor kamar tidurmu.

Kamar adalah ruangan tempat untuk beristirahat dan semua hal yang berbau privasi ada disini. Kamar juga tempat yang paling sering kamu pakai didalam rumah, terutama bagi anak kost yang memang kamar adalah rumah mereka. Jika ruangan yang setiap hari kamu tempati memiliki suasana yang kurang nyaman tentu akan berdampak pada diri penggunanya juga bukan? Maka, buatlah kamarmu senyaman mungkin agar kegiatan yang kamu lakukan didalam kamar juga menyenangkan.

Membuat kamar yang nyaman bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah mendekor ulang kamar. Kegiatan mendekor kamar adalah kegiatan yang cukup mudah, namun terkadang ada juga yang salah mendekor kamar karena hanya asal mendekor dan akhirnya cepat bosan dengan dekor yang baru saja dibuat.  Agar kamu tidak mudah bosan dengan dekor kamarmu, ada cara-cara yang kamu bisa lakukan agar tidak salah dalam mendekor kamar.

Pertama, kamu bisa memilih tema yang akan kamu gunakan untuk mendekor kamar, tema tersebut harus sesuai dengan karakter, sifat, dan hal-hal kesukaanmu. Jika kamu suka nuansa putih dan terang, kamu bisa menggunakan tema White On White pada kamarmu. Namun, jika kamu lebih suka unsur bertema alam, tema Bohemian adalah tema yang cocok untukmu. Kemudian tentukanlah material yang akan kamu gunakan untuk mendekor kamar. Material yang kamu pakai nggak harus beli, kok. Kamu bisa memanfaatkan barang-barang bekas disekitar kamu. Ubahlah sesuai dengan kreatifitasmu. Tetapi, kamu sedikit mengalami kendala, kamu bisa mencari berbagai tutorial di Youtube untuk menggunakan kembali barang-barang bekas.

Jangan lupa untuk mengatur perabotan kamar seideal mungkin. Misal, atur tempat belajarmu di posisi ternyaman kamar, biasanya posisi yang pas untuk belajar adalah didekat jendela, karena jika sedikit bosan kamu bisa langsung melihat keluar jendela, hal itu bisa membantu menyegarkan kembali otak kamu. Meja belajar juga perlu kamu perhatikan, kamu orang yang suka belajar lesehan? Kamu bisa mengganti mejamu lebih kecil dan jangan lupa tambahkan karpet.

Namun, jika lebih suka belajar menggunakan meja dan kursi maka buatlah kursi senyaman mungkin dengan cara memberikan bantalan agar kamu terasa nyaman. Tidak perlu menempatkan banyak perabotan,tempatkanlah perabotan yang seperlunya saja dan sesuai kebutuhan agar kamar tidak terlalu sesak, jika ada perabotan yang tidak terpakai atau rusak, kamu bisa menymbangkannya atau membuangnya. Cek juga lampu kamarmu, kalau kamu merasa lampu kamar sedikit redup gantilah dengan yang baru karena akan berpengaruh dengan kesehatan matamu.

Memang kegiatan mendekor ini adalah kegiatan yang mudah namun perlu proses yang  panjang dan waktu yang cukup lama. Maka dari itu mintalah bantuan teman untuk mendekor kamarmu, dan jangan lupa bantulah kembali  temanmu jika ingin mendekor kamarnya juga, jadi saling membantu agar pekerjaan semakin mudah.

Jangan lupa untuk memilih waktu yang tepat dalam kegiatan mendekor kamar ini, misalnya ketika liburan atau ketika kamu tidak ada jadwal kuliah, agar tidak mengganggu waktu kuliahmu. Tentu dalam kegiatan mendekor ini kamu pasti menginginkan agar kegiatannya lancar dan juga tidak ada kendala , maka kamu bisa menyicil material yang digunakan untuk mendekor jauh-jauh hari sebelumnya. Karena pada saat mendekor lalu ada material yang lupa disiapkan itu akan sangat mengganggu sekali akan berdampak pada waktu yang kamu gunakan.

Jika kamu telah selesai mendekor dan kamu mendapatkan kamar yang kamu impikan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kamar ya! Selesai memakai suatu barang maka kembalikan barang tersebut ditempatnya kembali agar kenyamanan kamar terus terjaga jadi kamu semakin betah dikamar.

Terakhir dan juga yang paling penting timbulkan semangat belajar dalam diri. Tidak benar jika kamu mendekor ruangan belajar semaksimal mungkin tetapi kamu belum memunculkan niat yang kuat untuk belajar dalam diri. Tentunya harus selalu istiqomah dalam belajar agar target untuk masa depan kamu bisa tercapai. Tetap semangat mencapai cita dan semoga sukses buat kamu!

Last Editor : Tubagus Guritno
Komentar
-TERPOPULER-