Brave : Putri Pemberani dari Skotlandia

  • PDF

brave1

Pengisi suara Kelly MacDonald, Julie Walters, Billy Connolly, Emma Thompson, Kevin McKidd, Craig Ferguson, Robbie Coltrane, John Ratszenberger
Penulis Skenario Mark Andrews, Steve Purcell, Brenda Chapman, Irene Mecchi
Sutradara Mark Andrews, Brenda Chapman, Steve Purcell

The Story
Alkisah ada cewek berambut kriwil merah yang ceria dan sejak kecil suka banget memanah. Dialah Merida (suara oleh Kelly MacDonald), puteri Raja Fergus (suara oleh Billy Connolly) dari klan DunBroch, Skotlandia.

Keceriaan Merida hilang begitu ibunya Ratu Elinor (suara oleh Emma Thompson) memutuskan bahwa udah saatnya Merida menikah. Dia harus berlatih etiket keputrian 6 hari dalam seminggu aja udah bikin Merida sakit kepala, apalagi harus menikah. No, Merida belum mau menikah!
Bertekad menentukan jalan hidupnya sendiri, Merida menentang tradisi perjodohan itu dan kabur ke hutan. Di tengah hutan Merida bertemu Witch, penyihir tua labil yang dipaksanya membuat ramuan agar Ratu Elinor mau berubah pikiran.
Alih-alih sukses membujuk ibunya Merida justru bernasib buruk karena ramuan Witch mengandung kutukan yang membahayakan ibu serta ketiga adik lelakinya. Merida harus mengumpulkan keberanian untuk mematahkan kutukan sebelum terlambat! 

Turn on
Suasana dataran Skotlandia abad ke-10 digambarkan sangat indah di film Brave. Musik pengiringnya juga sangat mendukung bikin kita seolah-olah berada di Skotlandia. Teknik animasinya pun sangat halus. Tapi yang paling menarik Brave adalah film pertama Pixar yang memasang tokoh cewek sebagai pemeran utama. Semangat girl power yang diwakili tokoh Merida nggak lebai karena banyak sisipan adegan kocak dan pesan positif dari dialog-dialognya. Oia, twist di per empat akhir cerita juga patut diacungi jempol, nggak mudah terduga!

Turn off
Nyaris nggak ada hal yang bikin Teen kecewa saat nonton Brave kecuali absennya sosok pangeran tampan yang nyaris sempurna yang biasa hadir di setiap dongeng. Tapi tanpa pangeran tampan pun film ini tetap menghibur kok.

Fact
Pixar menulis ulang sistem animasi mereka untuk pertama kalinya dalam 25 tahun agar tampilan visualnya lebih kompleks. Brave juga merupakan film pertama yang menggunakan format suara Dolby Atmos (teknologi surround sound termutakhir dari Dolby). Pengaturan Atmos membuat suara sampai langsung ke telinga penonton dari 64 speaker dan 128 buah input simultan yang jika dikombinasikan dengan tayangan 3D akan meningkatkan sensasi menonton.

Poin 3 popcorn

Add comment

Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi teen.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

You are here: Filmologi Preview Film Brave : Putri Pemberani dari Skotlandia