Soegija : Sejarah Berpadu Lagu

  • PDF

soegija1

Pemain Nirwan Dewanto, Anissa Hertami, Butet Kartaredjasa, Wouter Braaf
Penulis Skenario Armantono
Sutradara Garin Nugroho

The Story
Romo Soegijapranata (Nirwan Dewanto) adalah uskup pribumi pertama di Indonesia yang diangkat oleh Vatikan.

Masa-masa pengangkatan itu justru di saat situasi perang Asia-Pasifik kisaran tahun 1940-1950. Kalo kamu buka buku tentang sejarah Indonesia, kamu tentunya tahu bahwa itu adalah masa peralihan dari pemerintahan Belanda ke tangan Jepang, dan disambung pendudukan Belanda yang kembali ke Indonesia pasca kemerdekaan.
Belum lama diangkat jadi uskup, Romo Soegijapranata telah menghadapi banyak tantangan. Perang, kekacauan, kemiskinan sampai banyaknya keluarga yang terpisah jadi tugas berat sang Romo. Penjarahan juga terjadi di mana-mana. Mariyem (Anissa Hertami) harus merelakan kakak laki-lakinya buat ikut berperang dan akhirnya tewas. Ling Ling, anak perempuan keturunan Tionghoa sedih banget karena ibunya diculik dan hartanya dirampas.
Sementara itu, para pemimpin negeri, Soekarno, sedang ditawan dan keraton pun tumbang. Mau gak mau Soegija turun tangan dan mengajak pengikutnya mengungsi ke Jogja saat terjadi pemberontakan 5 hari di Semarang. 

soegija2 soegija3

Turn On
Soegija adalah film sejarah dengan selipan lagu, diantaranya “Bengawan Solo” serta beberapa lagu berbahasa Jepang dan Belanda. Alunan musik biola, piano, ukulele keren abis, klasik banget dan sweet. Teen juga terkagum-kagum dengan setting film. Kostum dan kehidupan sosial di film itu pas sama latar tahun filmnya. Kamu juga bisa belanja mata ngeliat pengambilan gambar si sutradara, seperti bentuk rumah etnis Cina, bangunan tua Belanda di Semarang, suasana tempo dulu kota Jogja. So vintage.

Turn Off
Buat kamu yang gak suka sejarah dan kurang tertarik sama film epik kolosal, gak disarankan buat nonton ini. Alurnya yang panjang dan konflik cerita yang naik-turun akan terasa lamban dan membosankan.

Did You Know...?
Total pemain figuran yang mendukung film ini kurang lebih 2.775 orang. Buanyaaak banget ya.

soegiya soegiya1
soegiya2

Add comment

Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi teen.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

You are here: Filmologi Preview Film Soegija : Sejarah Berpadu Lagu