Ambilkan Bulan : Imajinasi Amelia

  • PDF

Ambilkanbulan

Pemain Lana Nitibaskara, Astri Nurdin, Agus Kuncoro, Landung Simatupang
Penulis Skenario Jujur Prananto
Sutradara Ifa Isfansyah

The Story
Amelia (Lana Nitibaskara) lagi berlibur ke rumah kakeknya di Jawa Tengah. Di sana, ia ketemu Ambar, sepupunya yang suka mengoleksi kupu-kupu seperti dirinya.

Ambilkanbulan-1Amelia tadinya kesepian hidup di Jakarta karena ibunya, Ratna (Astri Nurdin) begitu sibuk, sedangkan ayahnya sudah meninggal. Di tempat kakeknya, Amelia kenalan dengan teman-teman baru, anak-anak desa. Bersama mereka, Amelia menemukan semangat baru.
Siapa sangka, Amelia mengalami petualangan seru bersama teman-teman barunya. Di kampungnya itu ada hutan yang ditakuti anak-anak. Mitosnya sih, hutan itu dikuasai oleh Mbah Gondrong, manusia setengah setan. Tapi berdasarkan cerita Ambar, di hutan itu ada kupu-kupu indah berwarna biru. Saking penasaran, Amelia menerobos masuk ke hutan yang diikuti oleh teman-temannya. Gak taunya mereka nyasar. Lalu mereka pun benar-benar ketemu dengan makhluk yang selama ini dianggap horor, Mbah Gondrong. 

Turn On
Ambilkan Bulan melukiskan imajinasi anak-anak sewajarnya. Sekilas mengingatkan Teen pada film Petualangan Sherina (2000). Ada gembira, berantem antarteman, ketakutan yang wajar, serta petualangan yang bikin nyasar. Kisah yang simpel berisi unsur-unsur penting yang pas banget ditonton oleh anak-anak. Kapan lagi anak Indonesia punya tontonan khusus dan punya tempat di film nasional? Film bergenre fantasi musikal ini bakal bikin kamu ikut nyanyi-nyanyi sendiri lho di bioskop. Dari awal sampai akhir film, lagu-lagu ciptaan pengarang lagu anak, almarhum AT Mahmud terus menggema. Bikin Teen merinding, inget masa kecil.

Turn Off
Ada beberapa animasi yang ditampilkan di film ini, seperti kupu-kupu yang beterbangan di hutan, pulau terbang, bulan purnama yang gede (Supermoon) melengkapi imajinasi anak-anak di film ini. Tapi sayang, gambarnya begitu kasar. Selain itu, ide cerita di film ini Teen rasa masih serba nanggung. Kisah di film ini bukan kisah yang baru lho. Apa gak lebih baik lagi kalau cerita film anak-anak nasional lebih dikembangkan dan diseriusi lagi?

Did You Know...?
Ambilkan Bulan ini didedikasikan untuk pengarang lagu anak-anak, almarhum AT Mahmud. Ada 10 lagu beliau yang mengisi musikal di film ini di-recycle oleh 10 penyanyi dan band Indonesia di bawah naungan label Sony Music. Andai Pak AT Mahmud lihat, pasti terharu banget.

Ambilkanbulan-2 Ambilkanbulan-3

Add comment

Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi teen.co.id. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.

You are here: Filmologi Preview Film Ambilkan Bulan : Imajinasi Amelia